Header AD

header ads

Lingga, Tradisi Meriam Bambu Kini Diperlombakan

 

Keprievent.com - Lingga - Tradisi meriam bambu atau bedil-bedilan menjadi suatu kegiatan yang kerap dilakukan oleh remaja dan anak-anak di bulan Ramadan. Bahkan tak sedikit juga orang dewasa yang juga memainkannya di Provinsi Kepri.

Kini, kegiatan tersebut sudah langka ditemukan saat ini Karena tergerus oleh perkembangan zaman dan modernisasi. Aktivitas bermain inipun perlahan mulai menghilang. 

Untuk tetap menjaga tradisi ini, Dinas Pariwisata Kepri pun menghidupkan kembali tradisi unik ini yang sebenarnya menjadi sarana dalam bersosialisasi dlam bermasyarakat.

Dinas Pariwisata Kepri rencananya akan menggelar lomba bedil atau meriam bambu ini  di Kabupaten Lingga, sempena menyambut bulan Ramadahan 1443 H.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar mengatakan bahwa permainan ini adalah permainan khas anak-anak melayu yang merupakan bagian dari semaraknya bulan Ramadan. Dia menyambut baik adanya perlombaan tersebut.

"Kita harap permainan anak-anak Melayu saat bulan Ramadan dapat dilestarikan lewat perlombaan ini. Inilah warna-warni dari tradisi kita dan sekaligus mempererat silaturahmi dalam bermasyarakat," ungkap Buralimar, Senin (11/4/2022). 

Ketua Pelaksana, Rustam Efffendi menjelaskan bahwa lomba ini dibuat sebagai wujud syukur dan kegembiraan Karena berhasil mencapai bulan Ramadhan dan menunaikan ibadah puasa. Selain itu juga sebagai upaya untuk mengangkat kearifan lokal dan melestarikan tradisi.

“Lomba ini sekaligus menampung kreativitas yang dilakukan masyarakat Lingga dan juga sebagai wujud syukur dan kegembiraan karena telah berhasil menunaikan ibadah puasa  selama bulan Ramadan,” kata Rustam.

Lomba bedil juga akan disejalankan dengan memasang pelita atau lampu minyak yang telah menjadi budaya malam likuran di Kepri.  

Lomba bedil ini mengangkat tema "Dentum Ramadan". Rencananya kegiatan akan digelar pada tanggal 27 hingga 29 April di Lapangan Hang Tuah, Daik, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri.

Lingga, Tradisi Meriam Bambu Kini Diperlombakan Lingga, Tradisi Meriam Bambu Kini Diperlombakan Reviewed by bams nektar on April 11, 2022 Rating: 5

1 comment

  1. Sheet metallic fabrication offers Freediving Snorkel an answer that lasts longer than different products with related makes use of. However, a cast doesn’t have the same sturdiness and longevity you get with metallic. Be among the many first to find out about new products particular provides and/or take part in surveys and testing. We provide advanced inspection reports using CMM or laser scanner technologies nicely as|in addition to} material certifications and certificates of conformity. From factory audits to half inspections, we follow strict processes to fulfill the best quality requirements.

    ReplyDelete

Post AD

home ads