Header AD

header ads

Beragam Hadiah Menanti Duta Wisata Kota Batam, Encik & Puan 2019



Pendaftaran bagi peserta pemilihan Encik & Puan Kota Batam 2019 masih terbuka untuk umum sampai tanggal 31 Maret 2019 ini. Event yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam ini hanya diadakan dalam dua tahun sekali.


Sejauh ini panitia pemilihan Encik & Puan 2019 Kota Batam dari Disbudpar Kota Batam sudah menyiapkan beragam hadiah bagi Duta Wisata Kota Batam terpilih nanti. Hadiah tersebut antara lain; juara I akan mendapat uang pembinaan sebesar 5 juta rupiah, juara II akan mendapat 4 juta rupiah, juara III mendapat 3 juta rupiah, dan juara harapan juga akan mendapat 2 juta rupiah. Masing- masing pemenang akan mendapat trophy dan sertifikat penghargaan, serta tentunya banyak hadiah tambahan lainnya dari beberapa sponsor di acara ini dari kalangan perhotelan, tour & travel, dan sponsor kosmetik, serta sponsor lainnya.

Tahap audisi dari event yang bertemakan “Be Inspiring  Millenials” ini akan dilaksanakan pada tanggal 6 – 7 April 2019 nanti, yang rencananya dipusatkan di Mall Botania 2, Batam Centre.
Bukan tanpa alasan tema tersebut diusung oleh penyelenggara, “Diharapkan para peserta yang ikut dalam audisi nanti dapat menginspirasi bagi keluarganya, teman- temannya, dan lingkungan di sekitarnya. Yah, paling tidak dia dapat mengispirasi dirinya sendiri melalui event ini,” jelas Barbie, salah satu tim penyelenggara.

Sebelum diadakan audisi nanti, tentunya para pendaftar Duta Wisata, Encik & Puan Kota Batam ini akan mengikuti Technical Meeting terlebih dahulu di aula Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Batam Centre, pada tanggal 1 April 2019. “Pada technical meeting ini nantinya para peserta akan mendapat pengarahan kembali mengenai kriteria- kriteria yang dibutuhkan untuk dapat lulus pada audisi ini. Diantaranya tentang tinggi dan berat badan peserta, dan beberapa persyaratan lainnya,” lanjut Barbie.

Sementara, disinggung tentang syarat- syarat mengikuti audisi Encik dan Puan 2019 ini lebih lanjut, Barbie menjelaskan bahwa, syarat umumnya antara lain, berusia antara 17 – 24 tahun yang dapat ditunjukan dengan KTP atau kartu pelajar, belum menikah, tinggi bagi wanita minimal 160 cm dan bagi pria minimal 165 cm, berat badan tentunya proporsional, mendapatkan izin dari orang tua, sekolah atau tempatnya bekerja, karena akan ada masa karantina nantinya di tanggal 26 – 27 April, lalu menyerahkan foto berwarna close up ukuran 4 R yang tampak depan dan tampak samping. Selain itu para peserta audisi juga dituntut memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, dan jika memiliki keahlian berbahasa asing tentunya akan menjadi nilai tambah.

Sedikit bocoran tentang pelaksanaan pemilihan Encik dan Puan Kota Batam 2019 kali ini adalah, para peserta audisi nantinya wajib membuat suatu proposal di selembar kertas, yang isinya harus seunik mungkin dengan ide yang original untuk memajukan pariwisata di Kota Batam. Proposal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta nantinya.

Target yang ditetapkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam sendiri adalah 100 orang peserta audisi pada event kali ini. Namun, jika antusiasme para pendaftar audisi tinggi dan melebihi target tersebut, tetap akan diterima dan diikutkan dalam proses seleksi.

Menurut Barbie, ada tiga hal yang diangkat dalam pemilihan Encik dan Puan Kota Batam 2019 ini, yaitu budaya, ekonomi kreatif, dan pariwisata. Mereka nanti akan dibimbing oleh tenaga- tenaga ahli di bidangnya selama masa karantina. Oleh karena itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam juga melibatkan asosiasi- asosiasi yang ada di Batam untuk “memoles” para peserta audisi ini agar mampuni sebagai Duta Wisata Kota Batam nantinya. Misalnya untuk masalah guide, bahasa asing, motifasi, etika, dan sejarah serta budaya akan dipandu oleh orang- orang atau perwakilan asosiasi yang ahli di bidang tersebut.

Grand final pemilihan Encik & Puan Kota Batam 2019 ini nanti akan digelar pada tanggal 28 April 2019. Tempatnya sama dengan tempat dilaksanakannya karantina. Sementara, tempat karantina sendiri masih tentative, masih dalam pertimbangan tim pelaksana.

“Output yang diharapkan dari audisi Encik dan Puan 2019 Kota Batam ini nantinya adalah, mereka dapat menjadi Duta Wisata bagi Kota Batam selama masa dua tahun ke depan, sampai dilakukan pemilihan berikutnya. Selain itu mereka akan dilibatkan dalam setiap event promo pariwisata Kota Batam dan dalam seremoni- seremoni event pariwisata Kota Batam lainnya,” ucap Barbie lebih lanjut.

Untuk pendaftarannya sendiri free of charge, alias gratis. Tidak dipungut biaya sama sekali. Dan calon peserta dapat langsung mengambil formulir pendaftaran ke Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, di lantai dua Gedung LAM, Batam Centre. Form pendaftaran juga dapat diunduh secara online di link bit.ly/Download-File-Pendaftaran , sedangkan pendaftaran online dapat di link http://bit.ly/Pendaftaran-Encik-Puan-2019 . Setelah diisi form tersebut, kemudian diantarkan ke Gedung LAM beserta foto dan syarat pendukung lainnya. Untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran ini, dapat juga menghubungi Barbie di nomor 081212811988 atau Sri di nomor 08117019817.

Di tempat yang sama, Ardiwinata selaku Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam juga turut mengundang kawula muda Kota Batam yang mempunyai potensi untuk mendaftar dan mengikuti audisi Encik dan Puan 2019 ini.

“Encik dan Puan 2019 ini mengusung tema Inspiring Millenials, kita harapkan para millenials dan pemuda- pemudi di Kota Batam yang mempunyai talenta serta kompetensi di bidang ini mau ikut mendaftarkan diri di ajang ini, untuk mempromosikan Batam sebagai destinasi pariwisata nasional,” ujarnya.

“Dalam kegiatan ini nantinya, peserta juga akan dapat meningkatkan kemampuannya, di upgrade pengetahuannya, serta dinaikan kompetensinya di bidang kepariwisataan, sehingga  mereka akan mampu menjadi duta wisata yang mampuni mempromosikan Batam. Terutama  kalangan sekolah- sekolah dan perguruan tinggi dapat mendaftarkan diri sampai tanggal 31 Maret nanti, untuk menginspirasi kawula muda Batam lainnya,” terang Kadis yang akrab disapa dengan nama Ardi ini.

Sementara itu, Boeralimar selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri  juga berharap besar terhadap event pemilihan Encik dan Puan 2019 Kota Batam ini. “Encik dan Puan nantinya dapat lebih meng-endorse kemajuan geliat pariwisata di Batam. Selain itu, Encik dan Puan juga dapat menjadi ikon pariwisata Batam dalam memajukan industri pariwisata, khususnya di Batam,” pungkasnya. (**)

Bams@2019

Beragam Hadiah Menanti Duta Wisata Kota Batam, Encik & Puan 2019 Beragam Hadiah Menanti Duta Wisata Kota Batam, Encik & Puan 2019 Reviewed by bams nektar on March 19, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads