Header AD

header ads

Travel Media Escape Kejora Menyuguhkan Keunikan Museum Nelayan

JOHOR - Travel Media Escape Kejora di Johor, Malaysia yang berlangsung dari Selasa (26/3) hingga Kamis (28/3) nanti, menapaki lokasi yang menarik lainnya di Desaru, yakni deretan chalet yang dikelola oleh Rohaizat Corporation.


Awak media yang baru saja turun dari bus yang membawa mereka, disambut langsung oleh Rohaizat Yacob selaku pemilik 14 kamar di Arked D'Punggai Beach Resort.

Dalam sesi bincang santai dengan pihak Rohaizat Corporation, selain resort yang mereka sewakan seharga RM200-250 per chalet ini, lokasinya juga dapat digunakan untuk camping, jambore, atau kegiatan lainnya.

Dengan chalet yang menghadap ke laut dan tentunya memiliki pantai dengan pasir yang lembut dan pemandangan yang indah, resort ini dapat digunakan untuk acara-acara corporate, bisnis, maupun keluarga.

Fasilitas di resort inipun sudah memadai, termasuk taman bermain untuk anak, serta akses jalan yang sudah baik dan bagus.

Setelah mengunjungi Rohaizat Resort di Punggai, para peserta famtrip diajak mengunjungi Museum Nelayan.

Segala hal yang berhubungan dengan nelayan dan dunia bahari tersaji di museum yang di desain atraktif ini.

Koleksi berbagai macam perahu tradisional dan peralatan menangkap ikan sederhana hingga baju selam mutakhir tersaji dengan apik di museum ini.

Diorama-diorama tentang kehidupan nelayan  membuat rasa ingin tahu lebih dalam awak media semakin tergelitik. Contoh rumah nelayan lengkap dengan manekin siempunya rumah dan segala jenis perabotannya mendapat perhatian khusus dari media.

Yang menarik dari museum ini, kebetulan sedang berlangsung Pameran Keranda di salah satu ruangan museum.

Berbagai macam jenis keranda unik jenazah dipajang di pameran ini, contohnya "Tongkonan" yang merupakan peti jenazah milik suku Toraja di Sulawesi, Indonesia. Tongkonan ini sejatinya adalah tempat menyimpan jenazah yang nantinya akan dikuburkan dengan cara yang tidak biasa, yakni meletakannya di celah atau digantung di tebing-tebing batu.

Satu benda unik dan klenik yang menyita perhatian awak media adalah, adanya jenglot yang terletak di sebuah tabung bambu di dalam etalase kaca yang ikut dipamerkan.

Di sebelahnya juga dipamerkan peralatan klenik lainnya, seperti susuk, uang ghaib, sajadah hitam orang bunian, dan bambu beruas terbalik.

Dalam kesempatan makan malam bersama antara pihak Desaru dengan para awak media,  Azli Halim selaku Presiden Travel Writers Assosiation Malaysia dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi untuk Desaru Cost, tourism Malaysia, dan tourism Johor, yang telah bersinergi mempromosikan pariwisata di Kejora.

Ia juga menyampaikan bahwa, "Tugas untuk mempromosikan pariwisata ini bukan hanya kewajiban dari pihak Desaru saja, namun adalah kewajiban seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Johor, media, dan asosiasi pariwisata yang ada," pesannya yang disambut aplaus dari hadirin.

"Batam dan Singapura sangat dekat jaraknya dari johor dan merupakan pangsa pasar yg bagus untuk kunjungan wisata ke Johor," jelasnya.

Senada dengan Azlie Halim, Haslinda selaku perwakilan dari CEO Desaru juga menekankan bahwa, "Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, promosi wisata yang dilakukan harus berkesinambungan, berlanjut terus-menerus di masa depan, dan tidak boleh terputus," terangnya.

Setelah makan malam yang bertempat di balroom The Els Golf Club ini selesai, pihak Desaru sudah mempersiapkan sesi networking di ruangan yang sama.

Pada sesi networking ini, pihak penyedia jasa wisata menawarkan "dagangan" mereka kepada media yang hadir. Mereka memperkenalkan produk wisata mereka untuk dipromosikan oleh pihak media.

Tercatat ada Tiara Desaru Johor, yang menawarkan paket wisata Small Crabs Tour di lokasi Desaru. Trip ini ditawarkan secara privat dengan kegiatan menangkap kepiting-kepiting kecil di pinggir pantai. Kegiatan ini dikemas dalam suatu paket "parenting activity" yang menarik.

Tiara Desaru juga menawarkan paket breakfast dan lunch serta diner di lokasi mereka, tentunya dengan program-program potongan harga yang menarik.

Selain itu juga ada grup Tunamaya Beach & Resort yang menawarkan hospitality di jaringan perhotelan yang mereka miliki.

Diketahui, Tunamaya sendiri saat ini memiliki 4 jaringan di Johor, yang terdiri dari 2 city hotel yang ada di Johor Bahru dan 2 resort yang terletak di dalam kawasan Desaru.(**)

Bams@2019

Travel Media Escape Kejora Menyuguhkan Keunikan Museum Nelayan Travel Media Escape Kejora Menyuguhkan Keunikan Museum Nelayan Reviewed by bams nektar on March 26, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads