Header AD

header ads

Bayu Balau Beach Resort Johor, Tempat Istirahat Yang Nyaman Tanpa Gangguan


Keprievent.com – Johor Baru adalah bagian Malaysia yang terdekat jaraknya di Indonesia Bagian Barat. Tempat ini dapat dicapai dengan ferry dari Batam sekitar 2 jam perjalanan. Seperti Batam yang sedang giat-giatnya mengembangkan pariwisatanya, Johorpun demikian juga. Mereka sedang mengembangkan destinasi wisata terintegrasi di dalam suatu kawasan yang terletak di sebelah Tenggara Johor, bernama Desaru Coast.


Desaru Coast ini dikembangkan oleh Desaru Development Holdings One Sdn Bhd (DH1) dengan membuka lokasi wisata Desaru Riverside pada 30 Juni 2018 lalu, kemudian dilanjutkan dengan membangun Desaru Coast Adventure Waterpark dan club golf. Selain itu terdapat beberapa hotel dan resort di lokasi ini, sebut saja Hard Rock Hotel, The Westin Desaru Coast Resort, Anantara Resort, dan Sand & Sandals Resort serta Tunamaya Resort.

Kawasan wisata terpadu Desaru Coast ini sendiri meliputi area seluas 3.900 hektar dan memiliki garis pantai sepanjang 17 km yang langsung berhadapan dengan laut yang jernih.

Walaupun komplek ini dibangun dengan modern, pengembangannya tidak serta merta meminggirkan masyarakat tempatan, bahkan masyarakat tempatan juga diikutsertakan di dalam mengembangkan potensi wisata yang ada di daerah mereka. Dengan mengembangkan potensi wisata masyarakat tempatan malah semakin membuat kawasan ini menjadi unik sebagai tujuan wisata, dengan menggabungkan aroma modern dari hotel, golf, resort dan ciri khas klasik masyarakat umum dengan desa wisatanya.
Peta Wisata Wilayah Johor Tenggara.

Destinasi wisata yang ada di masyarakatpun dibantu untuk pengembangannya oleh pihak Desaru Coast, sehingga lokasi ini mempunyai lebih banyak daya tarik dan destinasi yang layak dikunjungi oleh wisatawan. Diantara mereka adalah Teratak Penawar, Desaru Fruit Farm, Museum Nelayan, The Wetlands of Kampung Belukar Durian, Kampung Sayang Resort, Amansari Hotel, Bujang Boat Firefly, dan Bayu Balau Beach Resort.


Akhir Maret lalu aku dan tiga orang teman lainnya dari Batam mendapat kesempatan main ke destinasi wisata terpadu ini selama tiga hari dua malam. Dalam rentang waktu kunjungan ke Johor tersebut, lumayan banyak destinasi yang dapat dikunjungi, baik yang modern atau yang klasik. Nah, untuk jangka waktu tiga hari kunjungan tersebut, kita nginapnya di salah satu hotel yang terdapat di dalam kawasan Desaru Coast ini, yakni Bayu Balau Beach Resort. 
Bayu Balau Beach Resort.

Brosur Bayu Balau Beach Resort.

Bayu Balau Beach Resort ini tepatnya terletak di Tanjung Balau, dekat dengan Museum Nelayan dan lokasi cagar Batu Geologi yang terletak tak jauh dari musem tersebut. Pertama kali memasuki lobby dengan konsep “Open Lobby” ini, telinga kita akan langsung disapa oleh gemericik air kolam kecil di sebelah kiri front desk-nya. Mengintip isi kolam tersebut, beberapa ikan mas koi dengan ukuran sedang dan besar berenang kesana-kemari dengan tenangnya. Beberapa gelas welcome drink sudah tersedia saat kami sampai ke lobby ini.

Setelah check in, kami diantar menuju kamar yang telah dipesan melalui sebuah koridor yang terdapat di sebelah kiri lobby. Ujung koridor ini membawa kami ke Ombak Restaurant, salah satu ruang pelengkap resort ini. Berbelok ke sebelah kanan dengan penghubung sebuah koridor beratap, kami melewati taman tengah resort ini menuju ke empat bangunan sejajar bertingkat dua bergaya dormitory. Di sinilah kamar tempat menginap kami telah menunggu.
Lobby Bayu Balau Beach Resort.

Taman bagian tengah Bayu Balau Beach Resort.

Resort dengan gaya minimalis ini memiliki 80 unit standard room, 8 unit Deluxe Room, 10 unit Villa, 8 unit Family Deluxe Room, dan 2 unit Gand Pool Villa. Total keseluruhannya adalah 108 kamar dengan posisi yang dekat dengan pantai.

Kamar standard yang kami tempati berukuran cukup luas, dengan dua single bed terpisah dan televisi layar datar terpatri di dinding. Berbagai macam chanel siaran dapat diakses melalui remote control yang terletak di meja kecil samping kasur. Sayangnya kami mendapatkan kamar dengan jendela menghadap ke tempat parkir di sebelah kanan resort, jadi pemandangan yang kami nikmati hanya terbatas pada area parkir dan tanah kosong di seberangnya. Di atas kasur sudah tersedia dua helai handuk yang terlipat rapi.
Model kamar.

Amenities.

Ada satu unit lemari dua pintu yang dapat digunakan menyimpan pakaian, baik secara digantung atau dilipat di kamar ini. Sebuah meja panjang setinggi pinggang terletak di sudut kamar ini, lebarnya sekitar 40 cm. Sebuah kursi empuk terletak di bawah meja ini. Di atasnya sudah tersedia amenities berupa gelas, kopi sachet, teh, gula, air mineral dan satu unit teko pemanas atau pemasak air.

Kamar mandi di standard room ini menggunakan shower dengan ketersediaan pilihan air dingin dan air hangat untuk membersihkan diri. Urutannya dari pintu kamar mandi adalah, di sebelah kiri terdapat wastafel dengan kaca ukuran sedang di dindingnya. Di sebelahnya ada toilet duduk, dan di sebelahnya lagi terdapat shower. Sebuah cerukan di dinding dekat kran shower tersedia sabun dan shampoo bagi tamu. Ketika aku mencoba membersihkan diri di kamar mandi ini, suhu airnya dapat kita setel dengan memutar ke kanan dan ke kiri kran airnya untuk mendapatkan level suhu air yang kita sukai. Semprotan airnya juga bagus, kuat dan kencang serta dapat diatur dari kran.
Ombak Restaurant di Bayu Balau Beach Resort.

Hidangan sarapan pagi.

Malam pertama menginap di kamar ini sangat terasa sekali nyamannya, terutama dari suhu kamar yang diatur oleh air conditioner (AC). Dinginnya sudah terasa saat pertama kamar ini kami masuki. Tidak ada suara berisik dari mesin atau klakson kendaraan yang mengganggu lelapnya tidur kami.

Ombak restaurant adalah fasilitas resort tempat kami sarapan di pagi harinya. Restoran ini memiliki tempat terbuka dan tertutup. Saran aku jika ke sini, sarapan di tempat terbukanya yang berhadapan langsung swimming poll di seberang restoran. Bukan mau cuci mata sambil merhatiin orang berenang yah – walaupun itu bisa sekalian dinikmati – namun karena di teras restoran terbuka ini kita dapat menikmati sunrise yang muncul di sela-sela pepohonan pinus yang berjejeran di sepanjang pantai.
Teras restoran langsung menghadap swimming pool dan sunrise.

Swimming pool area.

Sarapan sudah tersedia sejak pukul 6 pagi waktu Johor tentunya. Menu disajikan dalam dua jenis, western dan eastern. Jadi bisa ada pilihan bagi perut kita. Yang suka kopi atau teh  juga tersedia di meja buffet, yang letaknya bersebelahan dengan penyajian roti, aneka selai dan minuman sirup.

Sehabis sarapan aku coba berkeliling ke kolam renangnya yang lumayan besar untuk dewasa. Di pinggir kolam renang untuk orang dewasa terdapat sebuah bangunan yang menjadi changing room bagi para tamu untuk bersalin pakaian. Berdampingan dengan kolam renang untuk orang dewasa tersedia kolam dangkal yang ketinggian airnya sepinggang orang dewasa untuk anak-anak. Dua buah seluncuran air menuju kolan renang melengkapinya. Kolam renang ini letaknya berhadapan langsung dengan laut, hanya dipisahkan oleh pantai berpasir saja.
Flyer Type Kamar di Bayu Balau Beach Resort.

Room rate Bayu Balau Beach Hotel.

 Room rate Bayu Balau Beach Hotel.

Bayu Balau Hotel Resort ini juga dilengkapi dengan Kerapu Hall dan Kertang Hall yang dapat digunakan untuk pertemuan dan acara lainnya. Posisi meja tentu saja adjustable, mengikuti kebutuhan dari tamu.

Sebuah souvenir shop menjadi pelengkap bagi resort ini untuk kenyamanan tamu-tamunya. Buah tangan dengan resort branding dan atau branding Johor menghiasi beberapa item yang dijual di toko kecil ini, sehingga tamu tidak perlu jauh-jauh lagi mencari buah tangan untuk oleh-oleh bagi kampung halaman mereka.

Anda tertarik untuk menginap di Bayu Balau Beach Resort ini jika berkunjung ke Johor, Malaysia? Reservasinya jauh-jauh hari dapat dilakukan melalui beberapa channel, antara lain;
Reception: +60 013 723 1330
Reservation: +60 013 723 1060
Sales Department: +60 017 719 2366
Website: kejorahospitality.wordpress.com
Facebook: Bayu Balau Beach Resort



Bayu Balau Beach Resort Johor, Tempat Istirahat Yang Nyaman Tanpa Gangguan Bayu Balau Beach Resort Johor, Tempat Istirahat Yang Nyaman Tanpa Gangguan Reviewed by bams nektar on April 23, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads