Header AD

header ads

Ini Dia Daerah Yang Mewakili Jawa Barat ke Jambore di Songkhla, Thailand

Keprievent.com – The Scout Jamboree Celebration For Coronation of King Rama, yang sebentar lagi akan diadakan di Laem Samila (Pine Tree Cape), Mueang District, Provinsi Songkhla, Thailand, dari tanggal 16 sampai 20 Juni 2019, juga akan diikuti oleh kontingen pramuka dari Cianjur dan Indramayu, Jawa Barat.

Kontingen Cianjur dan Indramayu ini akan bergabung bersama kontingen dari Indonesia lainnya pada event yang diselenggarakan oleh National Scout Organization of Thailand (NSOT) – Semacam Kwartir nasional-nya Thailand – ini. Turut bergabung di dalam rombongan ini nantinya adalah kontingen dari Lampung, Solo, Pekanbaru, Kalimantan Timur, Jawa Timur, DKI Jakarta, dan dari Kepri, baik dari Batam maupun dari Tanjungpinang.

Dalam jamboree yang bertajuk "14th Southern Border Provinces Scout Jamboree 2019" ini, tim dari Cianjur akan diwakili dari peserta SMP Islam Al Azhar 20 Cianjur ditemani langsung oleh pembinanya, Kak Tony Rustandi. “Dalam jamboree di Thailand ini saya akan mendampingi secara langsung tiga orang peserta pramuka dari SMP Islam Al Azhar 20 Cianjur. Selain itu nantinya dari Jawa Barat juga ada dari Indramayu juga yang mengikuti kegiatan kepanduan internasional ini di Thailand,” kata Kak Tony dalam keterangannya Selasa (11/6) pagi.

“Bagi kita sendiri, mengikuti event jamboree di luar negeri ini bukan kali pertama. Sebelumnya di tahun 2012 silam kita juga pernah mengikuti jamboree ASEAN di Singapura,” tambahnya.

“Kontingen dari Cianjur sudah melakukan upacara pelepasan pada Kamis (23/5) yang lalu di SMP Islam Al Azhar 20 Cianjur. Tim ini langsung dilepas oleh  Kwarcab Cianjur dan dihadiri oleh anggota Kwarcab Cianjur, Kamabigus dan anggota pramuka di gugus depan sekolah kami, serta tentunya dihadiri oleh orang tua wali murid yang akan berangkat ke jamboree ini,” terangnya.

Menurut rencana perjalanan kontingen Cianjur, mereka akan menuju ke Cibubur terlebih dahulu pada Jumat (14/6) pagi, untuk mengikuti upacara pelepasan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, bergabung bersama kontingen pramuka lainnya di Indonesia yang juga ikut di dalam event The Scout Jamboree Celebration For Coronation of King Rama ini.

Disinggung mengenai penampilan apa yang akan ditampilkan pada sesi culture performance di Thailand nantinya, Kak Tony menerangkan bahwa, tim dari Cianjur berencana untuk menampilkan seni kebudayaan asli khas Cianjur, yaitu “Kecapi Suling”. “Untuk performance akan kita matangkan terlebih dahulu sebelum berangkat, dan juga melihat kesiapan dari anggota pramukanya atau tidak,” jelasnya.

“Kami berharap, dengan mengikuti acara kepanduan tingkat internasional yang diadakan di Thailand ini, dapat meningkatkan wawasan dan menambah pengalaman peserta didik kami di bidang kepramukaan ke depannya. Lebih jauh tentunya kami juga berharap bahwa, apa yang akan kami dapatkan nanti di Thailand dapat kami bagikan ke anggota pramuka di Cianjur, khususnya di gugus depan kami,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Jambore ini diadakan dalam rangka merayakan penobatan Raja Thailand, Raja Maha Vajiralongkorn yang baru dinobatkan sebagai King Rama X pada Sabtu (4/5/2019) yang lalu.

Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn  dinobatkan sebagai raja baru menggantikan ayahnya, Raja Bhumibol Adulyade yang wafat pada Oktober 2016 lalu karena sakit. Maha Vajiralongkorn dinobatkan sebagai Raja Thailand dalam upacara yang berlangsung hingga tiga hari lamanya. Raja Vajiralongkorn mendapatkan gelar sebagai Rama X dari Dinasti Chakri yang sudah berkuasa di Negeri "Gajah Putih" sejak tahun 1782 silam.


Menurut Kak Endra selaku Head Facility of Indonesia Contingent, Perjalanan ini dipercayakan kepada PT. MAX Indonesia yang dikenal dengan Max Tour & Travel, serta dibantu oleh Saka Pariwisata Batam. “Kontigen Indonesia dalam kesempatan ini, akan memberangkatkan sebanyak 150 orang peserta dari berbagai anggota pramuka di Indonesia, dan 56 visitor yang akan ikut berkunjung ke lokasi jambore di Songkhla, Thailand,” kata Kak Endra, Minggu (9/06) sore saat bincang- bincang santai di Batam.

“Event ini jelas saja merupakan kesempatan langka dan sangat berguna bagi pramuka kita untuk bertemu, bertukar ilmu dan pengalaman dengan pramuka dari negara Asia lainnya selain Indonesia. Di sana nantinya anggota pramuka kita akan berbaur dan saling bertukar informasi dengan kepanduan dari negara asia lain juga turut serta pada jamboree di Thailand ini, antara lain Malaysia dan Vietnam, serta beberapa negara Asia lainnya, termasuk tentunya kepanduan dari Thailand sendiri selaku tuan rumah,” ujarnya kemudian.

Dalam kesempatan berbeda Kak Rio Ashadi selaku Andalan Nasional, Anggota Komisi Binamuda, yang dalam perjalanan kontingen ini juga selaku Head of Contingent yang akan memimpin langsung kontingen Indonesia ke jamboree di Thailand menjelaskan melalui seluler pada Senin (10/6) bahwa, petunjuk terkait keberangkatan anggota gerakan pramuka sudah ada. “Regulasi mengenai keberangkatan kontingen Indonesia yang hendak mengikuti kegiatan kepanduan internasional sudah lama diterbitkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Kita tinggal mengikuti saja alur yang sudah ditetapkan oleh regulasi tersebut,” jelasnya.

“Acara kepanduan seperti jamboree ke luar negeri ini bahkan menjadi program di masing- masing kwartir, baik yang didukung oleh Kwarnas maupun yang sifatnya mandiri,” ungkapnya.

“Kwartir Nasional Gerakan Pramuka sangat mendukung dan mengakomodir program- program yang ada di daerah, apalagi yang sifatnya internasional. Hal ini dapat mengangkat nama dan pamor kepanduan kita di tingkat internasional. Selain itu kebudayaan dan seni kita juga dapat diperkenalkan ke dunia luar, agar bangsa lain mengetahui bahwa seni dan budaya kita indah, beragam, unik, dan sangat menarik. Ini dapat menarik kunjungan mereka ke Indonesia sebagai pelancong suatu hari nanti,” pungkasnya. (**)

Ini Dia Daerah Yang Mewakili Jawa Barat ke Jambore di Songkhla, Thailand Ini Dia Daerah Yang Mewakili Jawa Barat ke Jambore di Songkhla, Thailand Reviewed by bams nektar on June 12, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads