Header AD

header ads

Yuk, Intip Kegiatan Hari Pertama Kontingen Pramuka Indonesia di Jambore Thailand

Keprievent.com - Setelah disambut dengan beberapa tarian dan musik tradisional Thailand Minggu (16/6) kemarin, Kontingen Pramuka Indonesia dibagi dalam beberapa Sub camp, yakni C11, C12, C13 (untuk perempuan), dan C1, C2, C3, C4 (untuk laki-laki).


Kontingen yang sudah dibagi menjadi beberapa grup-pun mendirikan tenda mereka masing- masing di dalam wilayah Bumi Perkemahan Songkhla, Thailand, tepatnya di lokasi International Division.

Kak Maryadi selaku pendamping kelompok peserta mengatakan Senin (17/6) pagi, kegiatan yang dilakoni oleh peserta kemarin, sesaat setelah sampai di Songkhla pada The Scout Jamboree Celebration For The Coronation of King Rama, yang diadakan pada 16-20 Juni 2019 ini adalah, parade kontingen di dalam lokasi Bumi Perkemahan. "Parade ini diadakan sekaligus menyambut kontingen ASEAN yang sudah hadir pada jambore ini," katanya.

"Malam harinya, di setiap sub camp diadakan malam keakraban (makrab) antar peserta pramuka, guna menyatukan dan merekatkan keakraban diantara mereka," jelasnya.

"Pagi hari di hari pertama jambore Thailand ini diisi dengan Giat Pribadi (mandi, shalat, saraan, dan persiapan ganti baju). Beberapa kelompok akan melaksanakan upacara pagi sekitar pukul 7:30 waktu Thailand dengan berseragam lengkap," ujarnya.
Suasana malam keakraban di jambore Thailand.

Kak Rio Ashadi selaku Andalan Nasional, Anggota Komisi Binamuda, yang dalam perjalanan kontingen ini juga selaku Head of Contingent yang memimpin langsung kontingen Indonesia ke jamboree di Thailand, mengatakan bahwa, dimulai pukul 09.00 waktu setempat, peserta akan mendapat peluang melakukan aneka kegiatan pilihan, yakni berupa kegiatan adventure, atau petualangan.

"Peserta jambore dapat memilih jenis kegiatan adventure apa yang mereka sukai secara beregu. Setelah makan siang, peserta akan mengikuti aneka permainan tradisional yang telah disiapkan oleh panitia," katanya, Senin (17/6) pagi.

"Agak siang, kegiatan diisi dengan maincamp activity, lalu pada sore nanti semua peserta akan mengikuti upacara pembukaan The Scout Jamboree Celebration For The Coronation of King Rama 2019," jelasnya.
Suasana perkemahan di jambore Thailand.

Sementara itu, pada Minggu (16/6) kemarin, beberapa kontingen dari beberapa provinsi di Indonesia juga mulai bertolak ke Kuala Lumpur, Malaysia. Diantara rombongan ini berasal dari provinsi Lampung, Pekanbaru, Kepri, Sulawesi, Banten, Lombok, Jawa Timur, Solo, dan DKI Jakarta.

Kontingen yang berangkat ini merupakan rombongan "Visitor" yang akan berkunjung ke lokasi Jambore The Scout Jamboree Celebration For The Coronation of King Rama yang bertemakan  "14th Southern Border Provinces Scout Jamboree 2019".

Rombongan visitor ini terbagi dalam dua kelompok, yakni kelompok pertama adalah visitor yang masuk ke Kuala Lumpur langsung melalui Kuala Lumpur International Airport (KLIA), dan kelompok kedua yang masuk ke Kuala Lumpur melalui jalur laut via Batam menuju Johor Bahru, kemudian ke Kuala Lumpur.

Di Kuala Lumpur kedua kelompok akan bertemu, dan secara bersama- sama akan menuju ke perbatasan Thailand.
Salah satu wahana adventure game di jambore Thailand.

Kontingen putri mengikuti kegiatan di laut dan pantai.

Adventure game.

Pada Senin (17/6) pagi, sekitar pukul 7:00 waktu Malaysia, rombongan Visitor yang berjumlah 34 orang ini bergerak menuju Thailand.

Ada empat provinsi di Malaysia yang harus ditempuh oleh rombongan ini sebelum sampai ke Thailand, yaitu Provinsi Selangor, Perak, Pulau Pinang, dan Kedah. Dari Kuala Lumpur, rombongan ini menempuh jarak total 600 KM dalam waktu sekitar 7 jam perjalanan darat.

Kak Jasman, salah satu visitor yang berasal dari Kwarcab Wajo, Makassar, Sulawesi Selatan menjelaskan, bahwa keikutsertaannya dalam rombongan visitor ke The Scout Jamboree Celebration For The Coronation of King Rama ini, adalah untuk menemukan pengalaman baru.

"Mengikuti kegiatan di luar negeri dengan tema jambore ini adalah pertama kalinya bagi kami. Tentunya kami ingin menggali banyak pengalaman tentang kepanduan di jambore Thailand ini," jelasnya.

"Terutama tentang sistem penyelenggaraan perkemahan atau jambore yang diadakan oleh panitia. Tentunya akan banyak hal menarik yang dapat kami jumpai nanti di venue. Yang baik dan bagus nanti dapat kita aplikasikan di daerah kita, dengan beberapa modifikasi tentunya, menyesuaikan dengan culture di Indonesia," timpalnya.

Saat berita ini dirilis, kontingen visitor Indonesia baru saja menyelesaikan sarapan di dalam perjalanan mereka, tepatnya di Provinsi Selangor, Malaysia.(**)

Yuk, Intip Kegiatan Hari Pertama Kontingen Pramuka Indonesia di Jambore Thailand Yuk, Intip Kegiatan Hari Pertama Kontingen Pramuka Indonesia di Jambore Thailand Reviewed by bams nektar on June 16, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads