Header AD

header ads

Penginapan di Jemaja Full saat Festival Padang Melang 2019

ANAMBAS – Festival Padang Melang 2019, 17-20 Juli, menjadi magnet yang ampuh buat menarik wisatawan. Buktinya, seluruh penginapan di Jemaja, Anambas, Kepulauan Riau (Kepri), terisi penuh. Alias full! Imbasnya, banyak wisatawan tertahan di Batam. Mereka harus mengantri untuk bisa menikmati eksotisnya event.


Festival Padang Melang 2019 juga mampu menarik yachter mancanegara. Mereka berasal dari Australia, Amerika Serikat, Italia, Thailand, dan Filipina. Para yachter ini, mereka menginap di yacht yang diparkir dekat venue.

“Okupansi kamar penginapan di Jemaja full semuanya. 100% penuh. Kondisinya bahkan kekurangan kamar. Karena animo wisatawan melonjak 1.000%. Banyak wisatawan yang tertahan dan membatalkan kunjungannya ke sini,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas Masykur, Kamis (18/7).

Festival Padang Melang ditopang oleh sekitar 100 kamar penginapan. Kamar-kamar tersebut tersebar di 5 penginapan. Ada Miranti, Julianti, Sunday, dan Jose. Ada juga Jemaja Island Natural Sea Resort. Beberapa wisatawan bahkan menginap di perumahan milik penduduk.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar menjelaskan, pergantian arus wisatawan terjadi di hari event berikutnya.

“Ketersediaan kamar memang terbatas. Saat ini kondisinya ramai karena ada opening ceremony. Nanti, ada yang keluar dan masuk. Wisatawan bisa mulai masuk pada hari berikutnya. Sebenarnya untuk akses bagus karena ada flight dari Batam secara reguler,” jelas Buralimar.

Tingginya animo publik dan potensi besar destinasi Pantai Padang Melang tentu positif bagi investasi. Pada 2018, pergerakan wisman mencapai 2.500 orang. Dominasinya dari Eropa. Mereka tertarik dengan keindahan alam dan budayanya. Wisatawan lainnya berasal dari Singapura dan Jepang.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani mengatakan, Padang Melang sangat potensial di masa mendatang.

“Pergerakan wisatawan di sana positif. Wisnusnya sangat besar. Dengan membaiknya aksesibilitas ke Pulau Jemaja, arus wisatawan tentu akan bertambah bagus. Ada banyak aktivitas yang bisa dinikmati wisatawan Destinasi wisata tersebut akan terus berkembang. Kondisi tersebut tentu ideal bagi arus investasi, khususnya penginapan atau hotel,” kata Rizki.

Selain potensi investasi, pergerakan wisatawan sepanjang Festival Padang Melang 2019 juga jadi angin segar bagi perekonomian Anambas. Sebab, masyarakat bisa mendapatkan income dari beragam transaksi yang muncul. Kehadiran para yachter mancanegara juga ikut mengatrol income masyarakat. Sebab, para wisman memiliki spending sekitar USD1.240,22.

“Fenomena Festival Padang Melang 2019 membuka seluruh peluang. Dengan respon positif publik dari okupansi dan pergerakannya yang bergelombang, masyarakat tentu mendapatkan berkah. Pergerakan wisatawan akan tinggi, apalagi konten menarik disajikan Festival Padang Melang tersebut,” ujar Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.

Festival Padang Melang akan menampilkan Selain 2 Generations Music Night pada Sabtu (20/7). Nama tenar yang ditampilkan adalah Dorce Gamalama dan Rara DA.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menegaskan, amenitas jadi kebutuhan mendasa yang harus dipenuhi. Tujuannya, untuk mengoptimalkan arus kunjungan wisatawan.

“Pergerakan wisatawan memang positif di Festival Padang Melang, apalagi ada kunjungan yachter dari mancanegara. Ke depannya event dan destinasi ini akan bagus. Agar value ekonominya maksimal, tentu harus didukung amenitasnya. Kami mengundang para investor untuk masuk ke sana,” tutup Arief yang juga Menpar Terbaik ASEAN.(****
Penginapan di Jemaja Full saat Festival Padang Melang 2019 Penginapan di Jemaja Full saat Festival Padang Melang 2019 Reviewed by bams nektar on July 18, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads