Header AD

header ads

Festival Gunung Daik 2019, Puluhan Pendaki Asia Mengikrarkan Melayu Bersatu di Gunung Daik

Keprievent.com , LINGGA - Puluhan pendaki dari dalam dan luar negeri memulai pendakian mereka ke Gunung Daik, Minggu pagi (24/11), dalam rangka Festival Gunung Daik yang dihelat oleh Pemerintah Kabupaten Lingga.

Festival tahunan ini diikuti oleh perwakilan  pendaki dari beberapa negara serumpun Melayu di Asia Tenggara, diantaranya dari Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Filipina, dan Singapura. Sedang dari Indonesia, terlihat beberapa pendaki dari Lingga, Tanjungpinang dan Batam.

Puluhan pendaki yang terbagi dalam empat grup ini dipandu oleh organisasi penjelajah dan pendaki gunung Perpetual Lingga, dan dilepas langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lingga, Juramadi Esram.
Ikrar Melayu bersatu di Gunung Daik.

Bupati Kabupaten Lingga, H. Alias Wello dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lingga, Juramadi Esram menyampaikan selamat datang di Kabupaten Lingga kepada para pendaki di "Bunda Tanah Melayu". " Kami senang atas kunjungan anda ke daerah ini. Kabupaten Lingga merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kepri yang memiliki banyak objek-objek wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan di masing-masing kecamatan di Kabupaten Lingga," katanya.

"Selain itu Lingga memiliki objek wisata alam, sejarah dan religi, serta originitas budaya Melayu, serta didukung oleh keramahtamahan masyarakat lokalnya," ujarnya.

"Untuk wisata alam, daerah ini memiliki potensi yang sangat besar, terutama untuk wisatawan yang memiliki minat khusus, seperti pendakian gunung, sungai, air terjun dan juga kegiatan jelajah alam," ungkapnya.
Penanaman pohon.

Sekda juga berharap peserta kegiatan festival Gunung Daik ini dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. "Selamat menikmati keindahan dan pesona Kabupaten Lingga, dan kami berharap semua peserta dapat menjadi duta kami dalam upaya mempromosikan Kabupaten Lingga," harapnya.

Che Shariff Bin Othman, salah satu pendaki dari Malaysia yang mengikuti kegiatan pendakian ini mengatakan bahwa, dia baru pertama kali menginjakan kaki di tanah Lingga. "Sebenarnya kami sudah lama ingin mengunjungi Gunung Daik ini, yang terkenal di dalam pantun yang sering dilafazkan di negeri kami, Malaysia. Sempena Festival Gunung Daik 2019 inilah, atas sponsor dari Disparpora Kabupatrn Lingga kami akhirnya dapat menginjakan kaki di Bunda Tanah Melayu ini," katanya.

"Untuk trek jalurnya mulai dari Pintu Rimba hingga ke sungai ketiga ini masih santai dan landai. Selanjutnya menuju Pos II Gunung Daik, trek mulai naik. Dari Pos II ke atas jalurnya rata-rata mendaki dan menguras tenaga," ujarnya menjelaskan tentang situasi jalur pendakian Gunung Daik, Minggu (24/11) di Pos II Gunung Daik, Lingga.
Para pendaki Gunung Daik.

Kepala Dinas Kabupaten Parriwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Lingga, Raja Fahrurozi mengatakan bahwa, pada tahun ini Festival Gunung Daik lebih istimewa dibandingkan tahun sebelumnya. "Tahun ini, Festival Gunung Daik diikuti oleh lebih banyak dan lebih beragam pendaki gunung, dari dalam dan luar negeri," ucapnya.

"Selain itu, para pendaki yang naik ke Gunung Daik juga mengadakan seremoni pengucapkan ikrar bagi bersatunya Melayu di Asia Tenggara. Acara ini juga dilengkapi dengan penanaman pohon yang diwakili oleh masing-masing pendaki dari berbagai negara Melayu yang ikut serta," bebernya.

"Alhamdulillah acara pendakian dapat selesai dengan kembali turunnya seluruh pendaki yang naik ke Gunung Daik dengan selamat. Ke depan tentunya ada beberapa hal yang harus kita evaluasi sehubungan dengan kegiatan ini, agar lebih sukses dan sempurna," tutupnya.

Festival Gunung Daik 2019, Puluhan Pendaki Asia Mengikrarkan Melayu Bersatu di Gunung Daik Festival Gunung Daik 2019, Puluhan Pendaki Asia Mengikrarkan Melayu Bersatu di Gunung Daik Reviewed by bams nektar on November 25, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads